PORTOFOLIO


  1. 1.      Pengertian Portofolio

Portofolio adalah kumpulan hasil belajar yang dikerjakan dengan tujuan tertentu dalam satu waktu tertentu yang berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan kemajuan dan perkembangan kompetensi di bawah kontrol dan tanggung jawab sendiri.

  1. 2.      Macam dan Bentuk Portofolio

 

  • Portofolio perkembangan adalah portofolio yang sengaja dikumpulkan untuk melihat perkembangan siswa dalam area tertentu.
  • Portofolio pamer adalah hasil kerja terbaik siswa yang bertujuan untuk dipamerkan pada saat tertentu seperti misalnya saat sekolah melakukan pertemuan dengan orang tua, pameran dan sebagainya.
  • Portofolio komprehensif adalah portofolio keseluruhan dan hasil karya siswa yang didokumentasi menurut tujuan tertentu.

Portofolio dapat berupa artefak (produk nyata karya siswa), artikel, jurnal, dan refleksi yang mewakili apa yang telah dilakukan oleh siswa dalam pelajaran.

  1. 3.      Standard dan Kriteria Portofolio

No

Standard

Kriteria

1

50%

Kelengkapan dokumen

3

Memuat semua elemen tugas mata kuliah/mata pelajaran yang dikembangkan

2

Kurang memuat semua elemen tugas mata kuliah/mata pelajaran yang dikembangkan

1

Tidak memuat semua elemen tugas mata kuliah/mata pelajaran yang dikembangkan

2

50%

Akurasi dokumen

3

Keserasian antarelemen desain mata kuliah atau mata pelajaran

2

Kurang keserasian antarelemen desain mata kuliah atau mata pelajaran

1

Tidak ada keserasian antarelemen desain mata kuliah atau mata pelajaran

3

Catatan:
  1. 4.      Cara Menilai Portofolio

Portofolio dapat dinilai dengan menggunakan rubrik dengan berbagai skala seperti berikut:

  • Rubrik dengan daftar cek (cheklist)

Berilah tanda   untuk setiap penampilan yang benar dari setiap tindakan yang dilakukan siswa!

1) Meletakkan gelas ukur di atas tempat yang datar, skalamenghadap pengamat                                                                                  ( ………)

2) Menuangkan air ke dalam gelas ukur sampai akhir

mencapai 100 ml, penuangan dihentikan                                                    (……….)

3) Menambah volume air setetes demi setetes menggunakan

pipet sampai mencapai 100 ml                                                                    (……….)

4) Membaca air di dalam gelas ukur dengan posisi sejajar mata                      (……….)

5) Mencatat hasil pengukuran dengan benar                                                    (……….)

Total skor                                                                                                     = ………..
  • Rubrik dengan skala penilaian (rating scale)

Tugas: Ukurlah volume air sebanyak 100 ml menggunakan gelas ukur!

No

Aspek yang dinilai

Skor

4

3

2

1

1

Gelas ukur diletakkan di atas tempat yang datar, skala menghadap pengamat

2

Menuang air ke dalam gelas ukur sampai hampir mencapai 100 ml, penuangan dihentikan

3

Volume air ditambah setetes demi setetes menggunakan pipet sampai mencapai 100 ml

4

Permukaan air didalam gelas dibaca dengan posisi sejajar mata

5

Hasil pengukuran dicatat dengan benar

Ada tiga jenis “rating scale”, yaitu: numerical rating scale, graphic rating scale,  dan descriptive rating scale

  1. 5.      Contoh Portofolio

1)   Laporan tertulis projek atau penyelidikan individual.

2)   Contoh masalah atau penyelidikan yang dirumuskan oleh siswa.

3)   Kontribusi siswa kepada laporan kelompok.

4)   Daftar cek yang dibuat guru yang menunjukkan pertumbuhan ilmiah siswa.

5)   Autobiografi ilmiah.

6)   Penerapan sains pada disiplin lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s