PARTIKEL ELEMENTER

Di masa lalu orang berpikir bahwa atom itu bisa dipecahkan, sehingga atom hidrogen dianggap sebagai partikel terkecil. Pada awal abad kedua puluh, bagaimanapun, ditemukan bahwa atom terdiri dari proton, neutron dan elektron. Hari ini kita tahu bahwa elektron benar-benar terpisahkan dan begitu fundamental, bagaimanapun proton dan neutron tampaknya dibangun dari partikel yang lebih kecil: quark. Ilmu yang mempelajari partikel-partikel sangat kecil yang disebut Mekanika Quantum. Sebuah pemahaman yang baik tentang Mekanika Quantum memberi kita wawasan yang lebih baik dalam fisika alam semesta.

Proton, neutron dan elektron hanya tiga dari lebih dari 200 partikel subatom yang dikenal. Ini dasar partikel, konstituen fisik yang paling dasar dari alam semesta, yang membantu menentukan empat gaya fundamental.

1.    Partikel

Partikel adalah sebuah satuan dasar dari benda atau energi. Dapat dikatakan “semacam” bola atau kelereng, namun berukuran sangat kecil, sehingga ia tak tampak oleh mata. Ukuran partikel yang elementer bisa hingga 10-35 m.

Sebagai ilustrasi, jika kita memiliki daging sosis sepanjang sepuluh meter kemudian kita bagi-bagi untuk satu trilyun trilyun trilyun orang, maka tiap orang memperoleh bagian satu porsi daging sosis seukuran “partikel elementer”.

Satu trilyun sama dengan angka 1 dengan 12 angka nol dibelakangnya. Sehingga, ukuran partikel elementer dapat kita tulis sebagai seukuran 10 meter sosis dibagi-bagi untuk orang sejumlah 1 dengan 36 angka nol dibelakangnya.

2.    Detektor Partikel

Detektor partikel digunakan untuk mendeteksi, merekam, mengidentifikasi partikel berenergi tinggi, semisal yang dihasilkan oleh peluruhan inti atom, radiasi kosmis, atau reaksi dalam pemercepat partikel.

Detektor partikel, disamping berfungsi sebagai kalorimeter untuk mengukur energi partikel yang terdeteksi, juga untuk mengukur sifat-sifat partikel seperti momentum, spin dan muatan. Compact Muon Solenoid (CMS) adalah contoh detektor partikel besar.

untuk lebih lengkapnya silahkan download di sini

One thought on “PARTIKEL ELEMENTER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s